Judul : Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot
link : Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot
Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot
Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot : Nama Peugeot adalah nama merk mobil yang terkenal dari Eropa tepatnya di negara Prancis. Dan Peugeot juga merupakan bagian dari perusahaan PSA Peugeot Citroen, yang mana PSA Peugeot Citroen ini merupakan produsen mobil yang paling besar urutan kedua yang bermarkas di Eropa.Awal Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot
Sejarah terciptanya Peugeot ini diawali dari sebuah bisnis keluarga yang mana bisnis ini sudah didirikan sejak tahun 1810. Sebenarnya kata dari Peugeot ini untuk asal mulanya tepatnya pada abad ke 19 ialah sebuah pabrik kopi serta pembuat sepeda. Ketika itu Arman Peugeot mencoba mengenalkan konsep "Le Granb Bi" yang mana konsep ini memiliki arti bahwa Arman Peugeot ini mencoba menciptakan sepeda yang mana ukuran ban depannya lebih besar dari ban belakang tapatnya di tahun 1882 serta bersamaan pula dengan jenis-jenis sepeda lainnya. Tepatnya pada tahun 1858 pada tanggal 20 November Emile Peugeot mulai memasangkan logo singa guna sebagai merk dagangnya. Ketika itu sepeda Peugeot terus-terusan diciptakan meskipun akhirnya perusahaan sepeda dan mobil akhirnya pun pecah pada tahun 1926.
Armand Peugeot |
Setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler akhirnya Armand Peugeot ini tertarik dengan dunia automobil untuk kali pertamanya, ketika itu karena Gottlieb Daimler telah berhasil untuk meyakinkan Armand Peugeot akan kepantasan dirinya agar dapat memproduksi otomobil. Untuk otomobil pertama yang berhasil diciptakan oleh Peugeot yaitu mobil roda tiga bertenaga mesin uap yang dirancang oleh Leon Serpollet yang suksed diproduksi pada tahun 1889, ketika itu hanya 4 contoh otomobil yang sukses diciptakan dengan mesin tenaga uap, yang mana otomobil dengan mesin uap ini sangat berat serta besar, dan juga membutuhkan waktu pemanasan yang tidak sebentar.
Ketika pada tahun 1890 yang mana setelah Armand Peugeot ini bertemu dengan Gottlieb Daimler beserta Emile Levassor akhirnya mobile dengan mesin bertenaga uap ini pun ditinggalkan kemudian segera merencanakan mobil roda empat dengan mesin berbahan bensin dengan pembakaran internal yang diciptkan oleh Panhard dibawah naungan license Daimler. Mobil hasil ciptaan tersebut merupakan mobil paling canggih yang ada pada zamannya lantaran mobil ini memiliki suspensi tiga poin serta sliding gear.
Setelah itu akhirnya beberapa mobil pun mulai diproduksi yang mana diantaranya 29 mobil diproduksi pada tahun 1892 lalu 40 mobil pada tahun 1894, 72 mobil di tahun 1895, 156 mobil di tahun 1898 serta 300 mobil berhasil di produksi di tahun 1899. Sedangkan untuk model dan type mobil ini dinamai tipe 12, yang mana tipe ini berasal dari tahun 1895. Ketika itu Peugeot ini sukses sebagai produsen pertama yang menciptakan ban karet yang cocok serta padat bila dibandingkan dengan yang berjenis pneumatic untuk mobil-mobil yang menggunakan bahan bakar bensin ketika itu. Tidak cukup sampai disitu, pada saat itu pun Peugeot sukses sebagai pionir dalam arena balapan mobil.
Akhirnya pada tahun 1896 Armand Peugeot memutuskan untuk memisahkan diri dari perusahaan keluarga serta mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Anonyme des Automobiles Peugeot serta membangun pabrik baru yang berlokasi di Audincourt yang bertujuan agar lebih fokus pada produksi mobil. Pada tahun 1896 ialah merupakan tahun dimana Peugeot sukses menggunakan mesinnya sendiri tanpa ada ketergantungan lagi terhadap Daimler. Sukses dirancang oleh Rigoulot yang mana pada mesin pertamanya ini bertenaga 8 HP (6.0 kW) berhorizontal ganda serta kembar yang akhirnya dipasangkan dibelakang tipe 15. Dan ini pun menjadi dasar dari copyan mesin yang mirip diproduksi oleh Rochet-Schneider.
Namun di tahun 1901 Peugeot ini memulai debutnya dengan kemudi yang memiliki kapasitas tidak besar 653cc satu silinder yang dijuluki dengan nama Bebe (Baby/ bayi) serta mampu menegeluarkan citra konservatif. Ketika itu mobil ini mampu menjadi mobil pemimpin gaya. Dan pada tahun 1902 setelah hanya mampu menempati posisi 19 pada acara balapan yang berlangsung di Reli Paris Vienna dan gagal finish untuk kedua mobil yang samanya, akhirnya Peugeot memutuskan untuk keluar dari dunia balap.
Akan tetapi pada tahun 1912 akhirnya Peugeot memutuskan untuk kembali balapan yang sekarang didukung oleh team yang didalamnya terdapat tiga insinyur pembalap yang masing-masing diantaranya bernama : Paolo Zuccarelli (sebelumnya dari Hispano-Suiza), Goux (lulusan dari Arts et Metiers, Paris) serta Georges Boillot serta dengan insinyur 26 tahun berasal dari negara Swiss yang bernama Ernest Henry untuk merundingkan ide-ide mereka agar bisa menjadi kenyataan. Ketika itu Perusahaan mengambil keputusan bahwa balapan voiurette (mobil ringan) tidak cukup dan memutuskan untuk melakukan balapan touring (grandes epreuves). Pada balapan touring ini mereka melakukan teknik tour de force : empat silinder DOHC 7.6 liter (110 x 200 mm) yang memiliki empat katup pada masing-masing silindernya. Strategi ini akhirnya terbukti bahwa mobile Peugeot ini mampu menjadi mobil yang tercepat dari mobil-mobil lainnya di era itu, dan Boillot pun akhirnya sukses memenangkan balap Grand Prix Perancis di tahun 1912 yang mana rata-rata kecepatan mencapai 68.45 mph (110.2 km/jam), walaupun ketika itu Boillot harus rela kehilangan gigi ketiganya serta memerlukan waktu 20 menit pada pit stop.
Peugeot Ketika Tahun Perang
Ketika sedang berlangsung perang dunia pertama, Peugeot pun membanting stir beralih pada produksi senjata perang seperti memproduksi tank dan granat. Namun setelah perang selesai, produksi mobilnya pun kembali dilakukan kembali.
Pada abad ke 20, Peugeot melakukan perluasan, pada tahun 1926 Peugeot pun membelah bisnisnya keluar dari Cycles Peugeot, ketika itu pembagian keuntungan dilakukan secara konsisten agar dapat membuat keuntungan lebih serta dapat bertahan pada industri otomotif serta mengakuisi Bellanger yang sudah tutup pada perusahaan De Dion di tahun 1927. Salah satu hal yang paling baru di tahun 1929 yaitu peugeot 201, yang mana mobil jenis ini merupakan mobil dengan harga termurah yang ada di pasar mobil Prancis, serta merupakan mobil pertama yang menggunakan merk dagang Peugeot (serta sudah terdaftar) dengan seri 201 yang akan mendapat suspensi depan di tahun 1931, akan tetapi ketika itu terjadi depresi keuangan yang mengakibatkan penjualan Peugeot mangalami penurunan namun perusahaan Peugeot ini tetap selamat dari kebangkrutan.
Pada tahun 1933 Peugeot pun mencoba kembali peruntungannya dengan menciptakan produk mobil terbarunya yang lebih aerodinamis. Dan akhirnya pada tahun 1934 Peugeot sukses memperkenalkan produksi mobil terbarunya yang bernama 402 BL Eclipse Decapotable, yang mana mobil ini merupakan mobil pertama yang kompatible dengan hardtop yang bisa dibuka tutup, yang mana akhirnya ide ini pun disadur oleh Ford Skuliner pada tahun 1950-an yang akhirnya kembali muncul pada era modern yang diwakili oleh Mitsubishi 3000GT Spyder. Akhir-akhir ini banyak vendro mobil yang menawarkan hardtop yang bisa dibuka tutup, tidak ketinggalan pun Peugeot dengan 206 cc.
Pada era tahun tiga puluhan ada tiga jenis mobil Peugeot yang begitu menarik perhatian yaitu diantaranya: Peugeot 202, Peugeot 302 serta Peugeot 402. Jenis-jenis mobil ini mempunyai body yang berkelok, serta dengan tampilan lampu belakangya dengan kisi bar yang miring, tampilan ini terinspirasi oleh aliran udara Chrysler. Pada tahun 1935 Peugeot dengan seri 402 2.1 liter mulai diperkenalkan dan sukses diproduksi sampai pada akhir tahun 1941, walaupun negara Perancis berhasil diambil alih oleh Nazi namun untuk model level 202 diproduksi secara seri yang berawal dari tahun 1938-1942. Untuk mobil Peugeot dengan seri 201 ini sukses pada sektor penjualan serta mampu mengangkat penjualan mobilnya sampai dengan 52.796 unit, tepat berada dibelakang Citroen. Dan akhirnya untuk produksi secara regular pun dimulai kembali pada pertengahan tahun 1946 dan tetap berlangsung sampai dengan tahun 1949.
Peugeot Pasca Perang Dunia II
Setelah selesai perang dunia II yang mana tepatnya pada tahun 1946 akhirnya perusahaan Peugeot pun kembali untuk memproduksi mobilnya dengan menciptakan mobil dengan seri 202 yang mencapai 14000 unit. Pada tahun 1947, Peugeot pun kembali memperkenalkan produk mobil terbarunya yang diberi nama dengan seri 203, yang mana untuk mobil Peugeot sert 203 ini menawarkan mobil dengan per berbentuk ulir, kemudi sayap serta remnya hidrolik. Untuk seri Peugeot 203 ini kembali sukses mencatatkan rekor penjualan Peugeot yang baru, yang mana untuk sisa produksi sampai dengan tahun 1960.
Pada tahun 1958 akhirnya Peugeot mencoba untuk menjual produk mobilnya ke negara Amerika Serikat, kemudian pada tahun 1969 Peugeot kembali memperkenalkan produk mobil terbarunya dengan seri Peugeot 404 yang mana mobil ini menggunakan mesin mobil dengan versi 403 yang bertenaga 1.618 cc (99 cu in) dengan kemiringan 45 derajat. Untuk seri Peugeot 404 sudah terbukti dapat memenangkan Reli Safari di Afrika Timur, dalam empat dari tahun keenam yaitu antara tahun 1963 dan 1968.
Lalu setelah itu, tidak sedikit beberapa model lain yang mengikuti, bisa diambil contoh pada Peugeot seri 504, yang mana untuk seri Peugeot 504 ini merupakan seri mobil Peugeot yang sangat khas. Layaknya apa yang sering terjadi di pabrikan Eropa, akhirnya Peugeot pun bekerjasama dengan Renault dari tahun 1966 dan kerjasama juga dengan Volvo dari tahun 1972.
Demikianlah Artikel Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot
Sekianlah artikel Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot dengan alamat link https://bizzardcom.blogspot.com/2016/11/sejarah-terciptanya-mobil-peugeot.html
0 Response to "Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot"
Posting Komentar